PROPOSAL KULIT AYAM KRISPI
A. Latar belakang
Kulit ayam krispi saat ini dapat di kategorikan sebagai limbah dari penjual ayam potong. Biasanya pelanggan dari ayam potong tersebut tidak menginginkan kulit ayamnya. Di provinsi bali bagian dari kulit ayam tidak di manfaatkan dengan baik, sehingga puluhan kilogram kulit ayam berujung di tempat sampah. Dengan senang saya ingin memanfaatkan kulit ayam tersebut yang awalnya adalah limbah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual di pasar. Tentunya hak ini akan menambah pasar baru turunan dari ayam potong tersebut serta akan menimbulkan lapangan kerja baru bagi masyarakat provinsi bali. Hal Titulah yang melatarbelakangi terciptanya ide proposal ini yaitu kulit ayam krispi olahan kekinian.
B. Profil usaha
Nama usaha kuliner : Kulit Ayam krispi By Suke
Pemilik usaha kuliner : I Komang Suka Riawan
Lokasi usaha : Br tunasmekar, Desa manistutu
Motto : kesuksesan adalah hasil dari kerja keras dan keuntungan
Visi : Menjadi perusahaan food and beverage yang unggul di provinsi bali
Misi :
- Mengolah produk dalam standar nasional
- Mengaplikasikan teknologi untuk mengolah produk menjadi produk jadi
- Menambah inovasi baru pada produk
- Menjaga ke higienisan
C. Tujuan membuat usaha
Tujuan saya membuat usaha ini adalah untuk mengandalkan model makanan menjual makanan baru, karna di provinsi bali cuma sedikit ada yang menjual makanan sperti ini yaitu kulit ayam krispi. Tujuan saya agar bisa membuat merasakan kulit ayam krispi yang saya buat.
D. Strategi pemasaran
A. Metode online
- Bekerja dengan ojek online (kurir/ojol)
- Melalui media sosial (Facebook, instagram, tik tok)
B. Metode offline
Membuat stand makanan pada saat ada acara ivent atau ada bazar di skolah
C. Dengan cara STP
1. Segmentasi
Kulit ayam krispi ini memilih segmentasi demografi mulai dari usia 5 tahun sampai 30 tahun, mulai dari anak anak hingga ke orang dewasa yang menyukai cemilan saya ini baik itu peria ataupun wanita
2. Targeting
Kulit ayam krispi ini dipilih fokus kepada anak anak dan remaja yang sedang mencari cemilan saat pulang skolah atau kerja
3. Positioning
Menawarkan cemilan yang memiliki rasa krispi sehat segar yang terbuat dari bahan fres dan membuat konsumen nyaman saat membeli
E. Analisis SWOT
Strength (kekuatan)
- Cara pembuatannya tidak terlalu sulit
- Bahan baku mudah di cari
- Makanan memiliki daya tahan yang lama
- Memiliki harga murah dan ramah di kantong
Weaknes(kelemahan)
- Tidak memiliki banyak varian rasa
- Kulit ayan krispi akan tidak krispi jika di taruh mika terbuka
- Kemasan yang kurang menarik
- Banyak orang yang suka mencari cemilan yang bisa di jadikan makanan penggajal perut sambil menunggu jam istirahat
- Makanan cukup jarang ada yang menjual, pasti orang orang tertarik ingin mencoba
- Kulit ayam krispi ini bisa di jadikan bahan lauk nasi
- Promosinya mudah di lakukan
- Kenaikan harga barang baku
- Banyaknya pesaing
- Konsumen akan mundah bosan karana sedikit varian rasa
- Cuci kulit ayam lalu potong, jika lemaknya tebal, pisahkan lemak dan kulitnya
- Lumuri kulit ayam dengan jeruk nipis bawang putih dan garam hingga rata, diamkan beberapa saat
- Pelapis aduk semua bahan hingga rata
- Aduk kulit ayam sambil di tekan tekan hingga tepungya menempel
- Panaskan minyak goreng di wajan
- Goreng kulit ayam yang udah di lumuri tepung, samapi agak kecoklatan
- Kulit ayam di tiriskan dan kulit ayam krispi siap di sajikan
Bahan baku
- Tepung terigu
- Tepung beras
- Kulit ayam
- Minyak goreng
- Telur
- Bahan lainnya
Modal usaha yang dibutuhkan produk saya adalah Rp 200.000 modal tersebut buat membeli bahan baku
Estimensi pengeluaran dan keuntungan
- Tepung terigu 1 kg = 1x20.000=20.000
- Tepung beras 100 gram = 1x22.000=22.000
- Kulit ayam = ½kg x 24.000= 24.000
- Minyak goreng 1liter = 1x19.000=19.000
- 2butir telur = 2x2.500=500
- Bahan lain lain = 13.500
Daftar perlengkapan yang digunakan
- Wajan
- Sepatula
- Sendok
- Gas
- Kompor pisang
- Penyaringan
- Plastik standing pouch 10pcsx1000= 10.000
- Transportasi = 10.000
- Gas = 22.000
Biaya produksi
- Bahan baku = 104.000
- Daftar perlengkapan lain = 10.000
- Biaya operasi = 42.000
Persentase = 20%
Unit = 10 pcs
Biaya produksi+(%biaya produksi) = harga jual
= 156.000+ (20%x156.000)
= 156+ 31.200
= 187.200
Harga satuan = 187.000÷10=18.720
=18.720
Tidak ada komentar:
Posting Komentar